Share this post on:

Baik saya ingin share dari sudut pandang penguji skripsi.

Mahasiswa kebanyakan gugup itu karena terlalu khawatir jika dosen penguji akan ini dan itu, fokusnya lebih ke ketakutan karena ini adalah ujian, ini adalah kemampuan untuk menahan segala serangan pertanyaan.. ngeri khan 😊.. gimana nanti kalo gak bisa jawab.. pokoknya 1001 kecemasan.

Coba anda rubah mindsetnya seperti ini: Sidang Skripsi ini adalah kesempatanku untuk sharing temuanku di lapangan, akan kubagikan kepada mereka para dosen penguji suatu pengetahuan yang mereka perlu tahu. This is my show, inilah kesempatanku untuk memberikan informasi tentang pengetahuanku menguasai konsep dan teori, memperlihatkan PPTku yang keren.

Kebanyakan mahasiswa malah ngaku di awal, maaf pak saya gugup dan menunduk, memperlihatkan inferioritas, dengan harapan agar dikasihani dan tidak diberi pertanyaan yang sulit: SALAH.. anda akan mrmpengaruhi mood para penguji karena jika anda pernah menonton public speaking atau mengikuti kelas gym, anda tau , orang yang di depanlah yang membuat suasana kelas, baik di kuliah maupun di gym menjadi hidup.

Ini saya bagikan kriteria penilaian skripsi di Uni saya:

inti dari tulisan saya, jangan sampai kalian yang menulis skripsi sendiri, mati-matian belajar dan mengolah data, tiba-tiba saja blank ketika ujian skripsi karena gugup.

Share this post on:
Avatar Indra

Author: Indra

Saya adalah dosen tetap di Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bali. Bidang yang saya suka adalah disaster management, heritage tourism, E-tourism dan juga Research Methods.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *