Share this post on:

Latar Belakang Jurusan Anda Topik penelitian yang baik dan menarik biasanya berasal dari latar belakang jurusan Anda. Pikirkan tentang mata kuliah yang paling Anda sukai dan mendapatkan nilai A, pas kuliah, apakah anda menemukan teori yang benar-benar anda pahami? metodologi yang benar-benar ingin Anda kerjakan atau pelajari lebih dalam?

Berita di majalah, surat kabar, sumber berita online, dan blog Pada umumnya memberikan kita ide untuk melakukan penelitian . Saat Anda membaca dan menyerap informasi yang Anda peroleh dari media tersebut, Anda juga dapat mengetahui di mana ada celah yang bisa untuk diteliti. Ajukan beberapa pertanyaan untuk menyaring hal-hal yang tidak relevan

Membaca jurnal artikel terbaru di bidang anda

Ini pada umumnya telah merangkum penelitian penelitian terdahulu dan mencakup tren yang muncul saat ini , prioritas penelitian yang terkini.

Ini sangat penting karena memberikan keseimbangan antara apa yang ingin Anda lakukan dan apa yang telah diteliti orang lain. Jika Anda hanya fokus pada apa yang Anda minati dan tidak tahu apa yang telah dilakukan mahasiswa lain di bidang itu, penelitian Anda mungkin tidak akan berkontribusi banyak.

Cara yang paling ampuh lainnya adalah dengan mengetikan kalimat sakti ini: “Current Study in …. “ titik titik itu diganti dengan jurusan anda. Misalnya Current Study in Phycology, Current Study in Tourism dll. Niscaya akan muncul topic-topik yang lagi hot yang dimana 100% saya yakin belum dilakukan di Indonesia.

Perhatikan juga tanggal publikasi. Mahasiswa biasanya disarankan untuk membaca naskah terbaru atau yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir karena hasil penelitian dan penelitian yang akan dilakukan yang disarankan harus terkini. Jika artikel jurnal yang dibaca sudah lama, maka mahasiswa lain mungkin telah meneliti bidang yang ingin Anda teliti, sia-sialah kerja anda.

Share this post on:
Avatar Indra

Author: Indra

Saya adalah dosen tetap di Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bali. Bidang yang saya suka adalah disaster management, heritage tourism, E-tourism dan juga Research Methods.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *