Share this post on:

By the way, Banyak mahasiswa dan dosen yang masih bingung apa yang harus mereka masukkan dalam bagian hasil dan pembahasan (Bab 4) dengan yang harus mereka tulis dalam kesimpulan (Bab 5) mereka. Salah satu cara mudah untuk menghindari kebingungan ini adalah dengan memikirkan kesimpulan anda sebagai ringkasan dari semua bab yang telah anda tulis. Di bagian kesimpulan, anda mengingatkan pembaca tentang apa yang pembaca telah mereka baca dari Bab 1-4.

Secara umum Bab dalam skripsi itu seperti ini:

Bab 1 PENDAHULUAN

Penjelasan rinci tentang pertanyaan penelitian Anda/ rumusan maslaha dan tujuan penelitan dan mengapa itu layak untuk diteliti. Buat tetap sederhana, jelas dan tidak lupa bahwa pengantar harus sekitar 10% dari keseluruhan tugas akhir.

Bab 2: Tinjauan Pustaka

Dalam bab ini, Anda mensitesis ide dan teori orang lain dalam kaitannya dengan penelitian Anda. Anda harus membandingkan dan membedakan setidaknya 10 sumber lain dan beberapa teori / model. Bab ini terdiri dari sekitar 20% dari disertasi.

Bab 3: Metodologi

Di sini Anda menguraikan dan menjelaskan mengapa anda memilih desain penelitian Anda. Anda juga menjelaskan bagaimana Anda mengumpulkan data empiris. Apakah Anda menggunakan wawancara, kuesioner, dll.? Apa tantangan utamanya?

Bab 4: Temuan dan Diskusi (Hasil dan Pembahasan)

Ini adalah bab penting dalam disertasi Anda dan juga yang terbesar. Ini membentuk sekitar 30-40% dari tugas akhir. Di sinilah Anda menuliskan temuan yang berasal dari analisis mendalam atas data empiris Anda. Berhati-hatilah untuk tidak memberikan interpretasi yang salah Anda atau menarik kesimpulan di sini. Anda juga untuk menghubungkan bukti dari penelitian Anda sendiri dengan aspek tinjauan pustaka serta mendiskusikan temuan utama Anda.

Bab 5: Kesimpulan (Kesimpulan dan Saran)

Nyatakan kesimpulan yang Anda tarik dari pekerjaan Anda dengan jelas. Tunjukkan penelitian lebih lanjut apa yang dapat dilakukan untuk memperkuat kesimpulan Anda dan memberikan rekomendasi jika diperlukan.

Sekali lagi ini bervariasi, tergantung dari Universitas anda, bahkan ada yang khusus chpater atau bab yang dedikasikan untuk membahas Gambaran umum atau historical background dari tempat penelitian.

Kembali lagi:

Kesimpulan Anda harus:

  • Tulis ulang kembali hipotesis atau pertanyaan penelitian Anda
  • Nyatakan kembali temuan utama Anda
  • Beritahu pembaca kontribusi apa yang telah diberikan penelitian Anda terhadap literatur yang ada
  • Tulis juga semua keterbatasan studi Anda
  • Tulis saran untuk penelitian di masa yang akan datang / rekomendasi lepada selutu stakeholder

PASTIKAN

  • Jangan menulis argumen baru
  • Jangan menampilkan data baru
  • Jangan lupa memasukkan pertanyaan penelitian Anda
  • Jangan lupa menyatakan hasil utama penelitian Anda

Sumber:

Discussion Vs. Conclusion: Know the Difference Before Drafting Manuscripts – Enago Academy

Qura berbahasa Inggris

Share this post on:
Avatar Indra

Author: Indra

Saya adalah dosen tetap di Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bali. Bidang yang saya suka adalah disaster management, heritage tourism, E-tourism dan juga Research Methods.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *