Share this post on:
  1. Satu atau dua kalimat untuk menjelaskan latar belakang / konteks penelitian.
  2. Satu atau dua kalimat untuk mempresentasikan masalah yang dibahas atau hipotesis di balik penelitian.
  3. Tiga sampai empat kalimat yang meringkas temuan utama, dengan rincian super singkat tentang metode yang digunakan
  4. Satu kalimat yang menjelaskan pentingnya hasil temuan tersebut dan kontribusinya serta sumbangannya ke bidang displin ilmu anda.

Tujuan abstrak adalah menarik para pembaca untuk membaca isi dari tugas akhir. Abstrak harus merupakan penjelasan singkat tentang bagaimana karya ilmiah itu sesuai dengan isi karya ilmiah dan kontribusi apa yang diberikan. Sifatnya adalah memberikan gambaran umum dari karya ilmiah secara singkat dan dapat dibaca secara cepat oleh para pembaca or calon pembaca, sehingga mereka dapat memutuskan apakah karya anda itu layak mereka baca atau tidak.

Meski abstrak letaknya setelah judul, atau diawal tetapi pada kenyataanya abstrak dibuat/ditulis paling akhir, mengapa? karena sekali lagi abstrak itu adalah versi mini dari tugas akhir atau artikel jurnal anda. Bagaimana bisa meringkas jika tidak ada bahan yang diringkas heheheheh

Setelah judul, hal kedua yang dibaca oleh pembaca adalah abstrak. Judul dan abstrak tersedia secara terbuka/gratis untuk semua orang, dan seseorang tidak harus membeli artikel di jurnal ilmiah untuk mengaksesnya. Kebanyakan orang memutuskan artikel mana yang akan dibaca dengan hanya membaca judul dan abstrak.

Beberapa pembaca abstrak mungkin bukan ahli di bidangnya, maka dari itu abstrak itu harus jelas dan bisa dipahami dengan mudah serta mandiri (self contained).

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menulis abstrak yang bagus:

Abstrak harus menjawab pertanyaan seperti:

  • Apa yang telah anda teliti?
  • Bagaimana anda melakukan penelitian?
  • Apa yang something new disini?
  • Apa yang menarik disini?

Jangan membuat pernyataan yang tidak meyakinkan seperti “dalam makalah ini kami mempelajari · ·”. Sebaliknya membuat pernyataan seperti ini “kami menunjukkan bahwa · · ·”

  • Abstrak yang ditulis dengan baik harus membantu pembaca untuk mengidentifikasi isi karya ilmiah dengan cepat dan akurat, dan adarelevansinya dengan minat pembaca.
  • Abstrak juga harus merangkum hasil dan kesimpulan utama secara ringkas
  • Abstrak harus singkat, hanya satu paragraf, tidak melebihi 250 kata atau sebaliknya seperti yang ditentukan oleh jurnal.
  • Hilangkan semua referensi tabel atau gambar, dan hilangkan singkatan dan akronim yang tidak umum meskipun mungkin dijabarkan di bab bab utama karya ilmiah, karena abstrak itu bersifat self-contained.
  • Bacalah abstrak berulang kali untuk menemukan kata dan frasa yang tidak perlu atau mubazir, dan segera hapus.
  • Menulis abstrak harus singkat dan lugas. Pastikan setiap kata bermakna.
  • Abstrak yang baik adalah jika anda menghapus satu kata saja, abstrak tersebut kehilangan subtansinya.

APAKAH ANDA TAU??:

Istilah Abstrak itu berasal dari kata latin abstractus yang artinya ditarik , bentuk kata lampaunya abstrahere yang artinya kurang lebih ditarik, dialihkan dari; terlepaskan dari. Istilah ini sudah dipakai sejak abad ke 14. Bagian yang lebih kecil dari keseluruhan yang telah diambil/ditarik untuk mewakili bagian yang lebih besar, atau yang dalam hal ini tugas akhir anda. “jumlah yang lebih kecil yang mengandung keutamaan atau kekuatan yang lebih besar”

SEMOGA BERGUNA

Sumber: Dirangkum dari berbagai tulisan tentang abstrak di Quora berbahasa inggris

Saya jadi belajar lagi dan mengingat lagi dengan membagi pengetahuan ini. Makasi sudah membaca.

Share this post on:
Avatar Indra

Author: Indra

Saya adalah dosen tetap di Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bali. Bidang yang saya suka adalah disaster management, heritage tourism, E-tourism dan juga Research Methods.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *