Share this post on:

Penting..

Berkuliah tidak sekedar mendapatkan gelar dan ilmu, orang sering melupakan networking, padahal ini tidak kalah pentingnya. Kampus atau jurusan ternama biasanya diisi oleh profesor yang mempunyai banyak publikasi dan juga menarik mahasiswa2 terbaik untuk berkuliah disana. Untuk contoh ini, Uni saya memang tidak seterkenal oxford tapi untuk subject yang saya ambil, adalah nomer dua di The UK 🇬🇧.

Baik, sesuai dengan motto saya, menceritakan tentang pengalaman pribadi karena menceritakan pengalaman pribadi itu paling gampang dan paling yakin 👍😊

Baik perhatikan foto dibawah ini:

Ini adalah ketika saya menjadi salah satu pembicara utama dalam sebuah conference yang dimana semuanya adalah profesor-profesor terkenal dan big fishes dari Perancis. inggris dan juga Amerika. Saya satu2nya Doktor disana. Saya mendapatkan kesempatan bicara bukan karena karya tulis saya tapi karena profesor yang mengorganize Conference adalah profesor saya ketika kuliah di The UK.

Beliau benar2 menolong saya agar berani mengambil kesempatan ini. Saya nervous bersanding dengan para profesor luar negeri tapi ya sudahlah, saya ambil saja kesempatan ini.

Ternyata setelah saya bicara di depan umum tersebut, saya mendapat lebih banyak teman yang dimana pada akhirnya saya mampu membuat karya tulis ilmiah dan menerbitkannya pada Jurnal berindeks Scopus Q1.

Jika saja saya memilih universitas tidak begitu terkenal di bidang social science ini, saya tidak akan punya kesempatan untuk menjadi lebih maju di bidang saya.

Share this post on:
Avatar Indra

Author: Indra

Saya adalah dosen tetap di Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bali. Bidang yang saya suka adalah disaster management, heritage tourism, E-tourism dan juga Research Methods.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *