Share this post on:

Struktur Bab 1 pendahuluan yang baik dan menarik adalah dalam segitiga terbalik seperti ini:

Hahaha saya secara khusus membaca lagi dan memastikan bahwa pengetahuan saya terupdate dengan menjawab pertanyaan di Quora,

Sajikan aspek-aspek yang lebih umum dari topik di awal pendahuluan, kemudian dipersempit ke informasi yang lebih spesifik yang, dimana akhirnya sampai pada pernyataan rumusan masalah/tujuan penelitian. jika memungkinkan, hasil potensial dari penelitian dapat dipaparkan juga sebagai teaser/trailer.

Pada identikasi domain masalah (attention grabber dan background info): Menekankan pentingnya topik; membuat pernyataan umum tentang topik; Menyajikan gambaran umum tentang penelitian terkini tentang subjek yang diteliti.

Critical discussion tentang apa yang telah dilakukan: ulasan pendek yang seimbang dari literatur , buku, artrikel jurnal yang terkait. Strateginya adalah meringkas literatur tersebut, agar pembaca mengetahui tentang masalah penelitian (research problems) โ€‹tertentu atau yang sudah ada sebelum anda melakukan analisis. Bagian pendahuluan ini tidak boleh menjelaskan tinjauan pustaka yang lengkap dan meyeluruh (ini nanti di Bab 2), hanya berupa tinjauan umum literatur penelitian dasar yang penting (dengan kutipan) yang menjadi fondasi untuk memahami masalah penelitian dan penelitian yang akan dilakukan.

Identifikasi Ceruk Penelitian: ini masih berhubungan dengan critical discussion diatas dimana Identifikasi ceruk penelitian dengan: Menentang asumsi yang ada, mengungkap celah dalam penelitian yang ada, dan Merumuskan pertanyaan atau masalah penelitian. Tempatkan penelitian Anda dalam ceruk penelitian dengan: menyatakan tujuan studi Anda, menguraikan karakteristik utama studi anda, dan berakhir pada: >>>> yang dibawah:

Tujuan Penelitian

NOTE 1: . Anda tidak hanya perlu menetapkan dengan jelas apa yang ingin anda akan teliti atau capai, tetapi juga menyertakan pernyataan tentang apa yang tidak akan dibahas dalam studi ini. Ini sangat penting sekali untuk memastikan tidak ada pertanyaan di luar interest dan topik yang anda teliti. Ini juga semacam warning buat dosen penguji yang suka menanyakan di luar konteks penelitian yang anda lakukan.

NOTE 2: Meskipun pendahuluan adalah bagian pertama dari sebuah tugas akhir, ya namanya juga pendahuluan :), kalo terakhir namanya penyesalan (candaaa). Akan tetapi seringkali berguna untuk finalisasi pendahuluan dibagian terkahir. Finalisasi ini ibarat memoles kembali agar pendahuluan benar-benar mengikuti dan menggambarkan secara singkat struktur tugas akhir, pelaporan dan analisis hasil, dan kesimpulannya. Dengan kata lain pendahuluan Anda sesuai dengan keseluruhan struktur tugas akhir anda

NOTE 3: Jangan bingung dengan pembatasan dan keterbatasan. Pembatasan biasanya dilakukan di Bab Pendahuluan sedangkan keterbatasan biasanya di Bab Pembahasan dan Bab Simpulan dan Saran dimana mengungkapkan tentang keterbatasan setelah studi di lapangan dilakukan. >> nanti saya ceritakan lagi tentang yang lebih jelas di BAB tentang Kesimpulan dan Saran

NOTE 4: Pendahuluan Anda harus mengidentifikasi dengan jelas bidang yang anda teliti. Strategi sederhananya adalah dengan menggunakan kata-kata kunci dari judul Anda dalam beberapa kalimat pertama di bab pendahuluan. Ini akan membantu memfokuskan pendahuluan pada tempatnya dan memastikan bahwa Anda menjabarkan pokok bahasan utama dengan lugas tanpa kehilangan fokus, atau menjelaskan informasi yang terlalu umum alias kemana mana,

Ada yang ingin menyempurnakan? Nanti saya masukan ke Jawaban ini.. terimakasih ๐Ÿ™๐Ÿพ๐Ÿ™๐Ÿพ

SEMOGA BERGUNA BUAT ANDA DAN SAYA

Share this post on:
Avatar Indra

Author: Indra

Saya adalah dosen tetap di Fakultas Pariwisata Universitas Udayana Bali. Bidang yang saya suka adalah disaster management, heritage tourism, E-tourism dan juga Research Methods.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *